Organisasi Sistem Komputer

 Organisasi Komputer adalah struktur internal dari sebuah komputer yang menjelaskan bagaimana komponen-komponennya saling terhubung dan bekerja sama untuk menjalankan instruksi.

 

  Komponen fisik: Bagaimana berbagai bagian komputer (seperti CPU, memori, dan perangkat input/output) terhubung dan bekerja sama.

  Sinyal kontrol: Bagaimana sinyal-sinyal listrik mengendalikan operasi komputer.

  Teknologi yang digunakan: Jenis teknologo yang digunakan dalam pembuatan komponen komputer.

    

Perbedaan dengan Arsitektur Komputer:

  Arsitektur: Lebih fokus pada tampilan komputer dari sudut pandang programmer. Contohnya, set instruksi yang bisa digunakan oleh programmer.

  Organisasi: Lebih mendalam, membahas implementasi dari arsitektur tersebut. Contohnya, bagaimana set instruksi tersebut dijalankan oleh hardware.

   

Komponen Utama:

    •Unit Pengolahan Pusat (CPU): Otak komputer yang menjalankan instruksi.

     • ALU: Melakukan perhitungan aritmetika dan logika.

     • CU: Mengontrol operasi komputer.

     • Register: Menyimpan data sementara.

     • Memori: Menyimpan data dan instruksi.

     • RAM: Memori akses acak, digunakan untuk penyimpanan sementara.

     • ROM: Memori baca saja, menyimpan program permanen.

     •Perangkat Input: Memasukkan data ke komputer (keyboard, mouse, scanner, dll).

     •Perangkat Output: Menampilkan hasil pengolahan data (monitor, printer, speaker, dll).

     •Bus: Saluran komunikasi antar komponen.


   Contoh Aspek Organisasi Komputer:

    Teknologi hardware: Jenis transistor yang digunakan, ukuran chip.

    Perangkat antarmuka: Cara komputer berinteraksi dengan perangkat eksternal (misal, keyboard, mouse).

    Teknologi memori: Jenis memori yang digunakan (RAM, ROM).

     Sinyal kontrol: Bagaimana sinyal listrik mengontrol operasi CPU.

  

   Struktur:

   ~ Von Neumann Architecture: Model arsitektur komputer yang paling umum.

   ~ Harvard Architecture: Memisahkan memori untuk data dan instruksi.

 

   Fungsi:

   ~ Mengambil Instruksi: Membaca instruksi dari memori.

   ~ Mendekode Instruksi: Menerjemahkan instruksi ke dalam bahasa mesin.

   ~ Menjalankan Instruksi: Melakukan operasi yang ditentukan oleh instruksi.

   ~ Menyimpan Hasil: Menyimpan hasil operasi ke dalam memori.

 

     Tingkatan:

   ~ Tingkat Rendah: Bahasa mesin, assembly.

   ~ Tingkat Tinggi: Bahasa pemrograman (C++, Java, Python, dll).


 Konsep Penting Organisasi Komputer:

    Siklus Instruksi: Proses pengambilan, pendekodean, dan pelaksanaan instruksi.

   Interrupt: Sinyal yang mengganggu proses eksekusi normal.

   Input/Output: Proses input dan output data.





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Topologi dan Arsitektur Jaringan

Jaringan Komputer